kategori

welcome to my blog

Selasa, 19 Oktober 2010

Laut dan Pantai

Di sebelah Selatan, DIY berbatasan dengan Samudera Indonesia. Pantainya memanjang dari Kulon Progo yang berpasir sampai ke Timur di wilayah Gunungkidul yang didominasi oleh bukit karang. Di wilayah Kulon Progo ada Pantai Glagah dan Pantai Trisik. Di wilayah Bantul terdapat Pantai Pandansimo, Pantai Samas, Pantai Depok, dan Pantai Parangtritis. Di Gunungkidul terdapat Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Ngandong, Pantai Sundak, Pantai Sadeng, Pantai Ngerenehan, Pantai Siung, dan Pantai Wediombo.

Kawasan pertemuan antara air laut dan air sungai, yang disebut dengan kawasan estuari, potensial untuk dikembangkan. Esturin Progo terdiri dari habitat sungai, laguna, muara sungai, dan perairan pantai. Di daerah esturi berkembang berbagai jenis ikan dan udang.

Di muara sungai Bogowonto di wilayah Congot dapat kita temui hutan manggrove yang berfungsi sebagai pelindung dan penjaga ekosistem pantai. Ia juga berguna untuk melindungi dan penjaga ekosistem pantai. Ia juga berguna untuk melindungi daratan dari hantaman ombak dan limpahan air banjir.

Di Gunungkidul terdapat daerah interfidal, yaitu daerah batas pasang terendah hingga pasang tertinggi. Daerah interfidal sangat potensial untuk ekowisata karena biota interfidal memiliki nilai keindahan khusus. Wisata yang menginjakkan kaki ke dalam air dapat menyaksikan ikan-ikan kecil beraneka warna berenang diantara batu karang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar